Jumat, 25 Februari 2011

Budaya dari Prespektif Sejarah

APA ITU BUDAYA ? ?

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Bahasa, sebagaimana juga budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

DAN APA ITU SEJARAH ? ?

Sejarah dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.

Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik. Tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang sangat penting, terutama mengenai: keberhasilan dan kegagalan dari para pemimpin kita, sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk-bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Kita juga dapat mempelajari latar belakang alasan kegiatan politik, pengaruh dari filsafat sosial, serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam, sepanjang zaman.

BUDAYA DARI PERSPEKTIF SEJARAH . . .

sejarah budaya adalah tidak didefinisikan oleh satu set peraturan atau subjek yang berbeda.Hal ini tidak adil, apa Kulturgeschichte menunjukkan istilah Jerman, sebuah studi dari kegiatan dalam ruang lingkup 'budaya tinggi' juga bukan eksklusif harus dilihat sebagai latihan dalam penafsiran tindakan simbolis dan ritual orang di masa lalu. Beberapa pengamat telah frustasi dengan sejarah budaya yang tampaknya pada waktu untuk menjadi 'sejarah dari segala sesuatu', bukan tanpa alasan. Ada lebih dari butiran kebenaran dalam pandangan bahwa sejarah budaya dapat dilaksanakan dalam setiap bidang kegiatan: politik, ekonomi, kekerabatan, gender, agama dan semua saling mereka dan domain .

Ada dua alasan utama termasuk beberapa pengetahuan tentang sejarah di antara rekomendasi. Salah satu alasannya adalah bahwa generalisasi tentang bagaimana perusahaan beroperasi ilmiah akan kosong tanpa contoh nyata. Perhatikan, misalnya, dalil bahwa ide-ide baru dibatasi oleh konteks di mana mereka dikandung, sering ditolak oleh pendirian ilmiah, kadang-kadang muncul dari temuan yang tak terduga, dan biasanya tumbuh perlahan-lahan, melalui kontribusi dari peneliti yang berbeda, tetapi juga mereka mungkin diingat. Untuk tujuan ini, sejumlah episode mungkin telah dipilih.

Alasan kedua adalah bahwa beberapa episode dalam sejarah dari upaya ilmiah adalah dari melebihi signifikansi terhadap warisan budaya kita. Episode tersebut tentu termasuk peran Galileo dalam mengubah persepsi kita tentang tempat kita di alam semesta. Demonstrasi Newton bahwa hukum yang sama berlaku untuk gerak di langit dan di bumi.Pengamatan panjang Darwin dari berbagai dan keterkaitan bentuk kehidupan yang menyebabkan ia mendalilkan sebuah mekanisme untuk bagaimana mereka muncul dokumentasi hati-hati Lyell usia luar biasa bumi dan identifikasi Pasteur penyakit menular dengan organisme kecil yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop.Cerita-cerita ini berdiri di antara tonggak perkembangan semua pemikiran dalam peradaban Barat.


Semua kebudayaan manusia telah memasukkan studi gerakan alam dari benda-benda langit, tingkah laku hewan, sifat-sifat material, sifat tanaman obat. Rekomendasi dalam bab ini fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, matematika, dan teknologi dalam kebudayaan Barat, namun tidak pada bagaimana pembangunan yang menarik pada ide dari sebelumnya Mesir, Cina, Yunani, dan budaya Arab. Ilmu-ilmu dicatat dalam laporan ini sebagian besar bagian dari tradisi pemikiran yang terjadi untuk mengembangkan di Eropa selama tradisi 500 tahun terakhir untuk mana orang-orang dari semua budaya berkontribusi saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons